Akibat Liver Tertutup Lemak

Akibat Liver Tertutup Lemak

Akibat Liver Tertutup Lemak

Penyakit fatty liver atau yang orang indonesia sering menyebutnya dengan perlemakan hati, merupakan suatu penyakit, dimana hati mengandung dan terselimuti oleh banyak lemak, yang mengarah pada peradangan kronis dan cenderung menyebabkan gagalnya fungsi hati. Di indonesia sendiri, pasien dengan fatty liver cukup banyak dan para ahli sudah memperingatkan orang-orang dengan penderita diabetes harus mewaspadainya! Sebab, jika hati seseorang dinyatakan rusak atau berkurang fungsi nya, maka akan menghasilkan glukosa serta lemak yang berlebihan didalam tubuh.

Alhasil, tubuh akan merasakan berbagai ketidaknyamanan, akibat adanya suatu zat yang memasuki aliran darah dan memicu peradangan dibeberapa titik. Bukan hanya menyerang bagian organ tubuh itu sendiri, namun kondisi fatty liver dapat menyerang berbagai area tubuh yang lainnya seperti pankreas dan menganggu kinerja jantung anda.

Ketika penyakit ini berlangsung dalam waktu yang cukup lama, maka pasien yang tidak mampu menerima pengobatan akan mengembangkan sejumlah jaringan parut didalam liver, yang dikenal sebagai sirosis. Sirosis sendiri merupakan suatu pertanda, jika seorang pasien yang tadinya hanya mengidap perlemakan hati atau fatty liver memiliki keparahan yang naik 1 tingkat, dimana fungsi hati menjadi gagal. Baik anda ataupun keluarga harus mengetahui gejala ini, supaya semuanya selalu waspada dan mencegah hal buruk seperti ini terjadi.

Adapun tanda dari gagal nya fungsi hati meliputi : kelemahan, muntah-muntah dan diare, mengalami pembengkakan pada perut, kulit serta mata yang menguning, seperti orang linglung, kulit gatal yang menyerang seluruh tubuh, serta mengalami kondisi mudah memar pada tubuh.

Pengobatan yang bisa dilakukan ↵

Jika pasien yang mengidap perlemakan hati memiliki riwayat buruk seperti sering konsumsi minuman beralkohol, maka langkah pengobatan yang dapat membantu adalah dengan berhenti minum, disertai beberapa perawatan tambahan yang akan dilakukan dokter untuk membantu tubuh dalam membuang sejumlah racun ditubuh anda.

Selain meresepkan obat-obatan khusus, para ahli medis juga akan menganjurkan anda untuk melakukan sebuah program diet, dimana anda diwajibkan untuk menurunkan berat badan, karena ini akan membantu mengurangi lemak dalam hati anda. Namun jika pengobatan yang selama ini disarankan tidak kunjung membaik, anda bisa saja direkomendasikan untuk melakukan transplantasi hati.

baca juga : obat perlemakan hati

Perawatan khusus bagi pasien perlemakan hati

Selain harus menjalani perawatan medis, anda juga harus melakukan gaya hidup yang pastinya akan membantu anda dalam mencapai kesembuhan yang lebih cepat dan membantu mengurangi resiko sedari dini! Dan berikut ini merupakan beberapa perawatan yang bisa anda lakukan di rumah :

  • Konsumsilah makanan dengan jumlah sedang dan jangan berlebihan
  • Pastikan untuk mendapatkan nutrisi dari buah dan sayur disetiap kali anda makan
  • Jika anda merasa bosan dengan sayur-sayuran, anda dapat merasakan daging ikan (daging ayam dan daging sapi atau babi tidak dianjurkan)
  • Kurangi makanan yang mengandung garam atau penyedap tinggi
  • Jika anda hendak membuat jus, pastikan untuk tidak menambahkan gula kedalamnya,
  • sebab akan membuat gula darah melonjak tinggi
  • Pastikan untuk menggerakan badan anda setiap harinya, minimal berjalan-jalan dipekarangan rumah dan menikmati sinar matahari hangat di pagi hari

Jika saat ini anda atau anggota keluarga sedang berada didalam kondisi yang cukup kritis, jangan pernah berhenti untuk melakukan yang terbaik dan yang kondisinya sudah membaik, cobalah untuk terus di ingatkan akan beberapa gaya hidup sehat, karena ini akan membantu pasien pulih lebih singkat.

Selain fokus pada pengobatan pasien, anda juga harus mengingatkan anggota keluarga yang lain, untuk mengikuti saran gaya hidup yang telah kami jelaskan diatas, terlebih jika mereka memiliki badan yang obesitas. Ketika pasien bisa diselamatkan dan hidupnya semakin membaik, jangan lupa untuk memeriksakan kesehatan secara rutin, untuk mencegah kekambuhan terjadi.

Sekian merupakan artikel kami mengenai akibat liver tertutup lemak dan cara menghilangkannya. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *