Cara Mengatasi Hipertensi Di Rumah

Cara Mengatasi Hipertensi Di Rumah

Cara Mengatasi Hipertensi Di Rumah

Ada banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi tekanan darah tinggi, yang dapat anda dilakukan. Umumnya, hal ini dilakukan dengan cara menerapkan gaya hidup sehat seperti olahraga dan perubahan-perubahan lain yang akan mendukungnya.

Di indonesia, 29% orang dewasa memiliki masalah dengan hipertensi kronis, dimana hal ini akan sangat membahayakan dan mengundang penyakit jantung. Hipertensi sendiri dikenal dengan penyakit yang membunuh secara diam-diam, karena gejalanya tidak terlihat jelas oleh orang lain dan dapat menyebabkan kematian mendadak, apabila dibiarkan tanpa melakukan kontrol serta pengobatan dengan ahli medis.

Penyakit silent killer atau yang membunuh secara diam-diam ini tak hanya hipertensi, namun juga dapat terjadi pada orang yang memiliki gangguan jantung, kanker serta orang yang terserang virus berbahaya.

Persepsi yang sering salah di masyarakat

Mungkin anda sering mendengar jika orang yang menderita penyakit darah tinggi ialah orang yang suka marah-marah! Tapi, apakah itu benar? sayangnya, hal ini cukup membuat para penderitanya tidak nyaman, sebab faktor hipertensi bukan disebabkan itu saja, melainkan bisa datang dari berbagai efek samping seperti penggunaan obat-obatan, penyakit, diabetes, kolesterol tinggi dan yang lainnya.

Hipertensi sendiri terjadi karena adanya tekanan ekstra pada jantung, dimana organ tersebut dipaksa untuk bekerja lebih keras. Alhasil, hal ini akan menyebabkan ketidaknyamanan pada tubuh, dimana aliran darahterasa sakit dan menyakiti jantung anda sendiri. Jika tidak diobati, hal ini dapat menganggu fungsi jantung yang bersifat permanen dan mempercepat kematian. Jika saat ini anda menderita hipertensi, maka anda wajib memberikan informasi kepada anggota keluarga serta teman-teman anda, mengenai beberapa hal yang menyebabkan darah tinggi juga dapat menghampiri tubuhnya.(Cara Mengatasi Hipertensi Di Rumah)

Hal ini termasuk : orang-orang yang gemuk, jarang berolahraga, orang-orang yang gemar konsumsi makanan gurih dan asin, wanita yang meminum pil KB, serta orang-orang yang berusia lanjut juga harus mewaspadainya.

Oleh karena itulah mengapa setiap orang harus bisa hidup dengan sehat, agar terhindar dari penyakit-penyakit yang membahayakan dimasa tuanya nanti. Namun jika hal ini telah terjadi, maka ada berbagai perawatan rumahan, yang bisa membantu menurunkan hipertensi yang anda miliki;

7 Cara Mengatasi Hipertensi Di Rumah

♣ Manfaatkan bawang putih

Bawang putih mungkin akan terasa lezat jika anda memasukannya kedalam beberapa kudapan yang akan disantap dengan nasi. Namun, apa jadinya jika bawang putih ini harus dikonsumsi secara mentah-mentah? Jangan perlu takut! Jika anda memang memiliki niat untuk mendapatkan kesembuhan, maka tak ada yang salah jika anda harus konsumsi bawang putih secara mentah!

Dalam sebuah penelitian, para ahli mengumumkan jika rempah ini memiliki sifat pengencer darah, yang mana bagus efeknya bagi jantung anda. Bukan itu saja, manfaat dari bawang putih ini akan mengurangi rasa nyeri yang anda rasakan.

♣ Perbanyak asupan wortel

Siapa sangka wortel sangat bagus dalam membantu turunkan tekanan darah yang tinggi? Selain vitamin a nya yang terkenal menyembuhkan gangguan mata, rupanya antioksidan dalam sayur yang satu ini dapat mengurangi kerusakan pada pembuluh darah dan sangat bagus dalam menormalkan tekanan darah. Jika dikonsumsi rutin, ini juga akan memiliki efek positif untuk menghilangkan efek natrium. (Cara Mengatasi Hipertensi Di Rumah)

♣ Konsumsi buah tomat

Anda dapat konsumsi buah tomat secara langsung, sebanyak beberapa buah dalam 1 hari. Tomat ini sangat disarankan karena kandungan lycopene nya yang dapat mengikat kelebihan lemak dan membuangnya keluar. Selain itu, kehadiran antioksidannya dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi

♣ Manfaatkan biji daun seledri

Penambahan daun seledri pada sup nyatanya menambahkan aroma sedap nan harum & meningkatkan selera makan anda. Jika anda saat ini sedang memiliki masalah dengan hipertensi, anda bisa memanfaatkan bijinya, sebab kandungan dari biji seledri lebih tinggi dalam menurunkan hiprtensi dengan aman. Bukan itu saja, jika anda mendapatkannya secara rutin, maka akan menghasilkan sifat diuretik, yang menjaga jantung tetap sehat dan terlindungi dari bahaya penumpukan cairan

♣ Konsumsi air jahe

Selain bisa mengobati masuk angin, rebusan jahe ini rupanya dapat membantu anda yang mengalami gangguan dengan hipertensi. Hal ini disebabkan kandungan jahe yang dapat mencegah pembekuan darah dan membantu sirkulasi dalam tubuh agar selalu lancar. Bukan hanya di indonesia, pemanfaatan jahe untuk menyembuhkan keluhan hipertensi juga telah dilakukan di banyak negara, karena dapat membuat kondisi penderita jauh lebih baik

♣ Dengan meminum air kelapa

Memilih air kelapa sebagai cara untuk menurunkan hipertensi merupakan pilihan yang tepat. Ini dikarenkan kandungan dari air kelapa yang mengandung elektrolit kalium dan magnesium, yang baik untuk kesehatan otot dan jantung anda. Bukan itu saja, hal ini akan membuat tubuh anda jauh lebih segar dan lebih fit

♣ Konsumsi coklat hitam

Dark choco atau coklat hitam merupakan coklat murni yang belum diolah atau belum diberi tambahan gula ataupun susu. Mendapatkan coklat hitam mungkin sedikit sulit, terkecuali anda memiliki pohonnya dan mengolahnya sendiri di rumah. Asal anda ketahui, coklat hitam ini mengandung sejumlah flavonoid yang baik dan dapat memberikan nutrisi secara efisien keseluruh tubuh. (Cara Mengatasi Hipertensi Di Rumah)

Bukan hanya baik bagi jantung, namun ini akan mencegah stroke lebih efektif, sebab mempertahankan aliran darah secara efisien. Bukan itu saja, hal ini akan membantu meningkatkan kesehatan otak, serta memiliki mineral dan vitamin yang tak kalah pentingnya untuk dukung metabolisme dalam tubuh anda.

♣ Dengan mendengarkan musik klasik

Mendengarkan musik klasik memang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Anda dapat memutarnya, karena dapat membantu dalam menghilangkan stress dan memberikan efek positif yang juga memperlambat denyut jantung yang tinggi.

Selain musik klasik, lebih baik jika anda mendengarkan lantunan ayat suci al-quran, sebab dalam berbagai penelitian dan survei juga membuktikan, jika hal ini dapat membuat rileksasi yang anda rasakan semakin nyata.

Gimana? ada banyak sekali pilihan bukan untuk mengontrol tekanan darah tinggi yang saat ini dimiliki? Selain fokus pada pengobatan dokter, anda tidak boleh melewatkan cara-cara diatas, sebab pilihan gaya hidup ini akan menentukan seberapa lama anda bisa sembuh. Sekian informasi kesehatan seputar cara mengatasi hipertensi dirumah. Semoga terbantu 🙂

Post by : www.kuherbal.web.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *